Perkembangan teknologi membuat masyarakat dapat melakukan kegiatan belanja lewat e-commerce. Di Indonesia, terdapat aplikasi yang berfokus pada produk kecantikan, yaitu SOCO by Sociolla yang menjual banyak sekali produk kecantikan, baik dari dalam maupun luar negeri. Mother of Pearl menjadi salah satu brand lokal yang melakukan eksklusif launching produk pertamanya di Sociolla. Dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan oleh pelanggannya, salah satunya adalah fitur review/ulasan produk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian produk Mother of Pearl di SOCO by Sociolla. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, E-commerce, Online Customer Review, dan Keputusan Pembelian. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel independen (X) yang merupakan online customer review dengan 5 dimensi, yaitu perceived usefulness, source credibility, argument quality, valance, dan volume of review, kemudian variabel dependen (Y) yang merupakan keputusan pembelian dengan 5 dimensi, yaitu pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu pembelian, dan jumlah pembelian. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan membagikan 96 orang responden secara daring. Hasil dari penelitian ini adalah online customer review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mother of Pearl di SOCO by Sociolla. |