Salah satu keterampilan pada abad 21 ini adalah keterampilan berpikir kritis. Dalam dunia pendidikan keterampilan berpikir kritis merupakan hal yang terus dikembangkan. Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk meraih keterampilan berpikir kritis ini, salah satunya yaitu dengan menyediakan media pembelajaran yang mendukung bagi siswa. Memasuki revolusi 4.0 media pembelajaran diharapkan berbasis teknologi sebagai sarana untuk membantu proses pembelajaran, contohnya seperti Quizizz. Quizizz merupakan media pembelajaran digital yang dikemas dalam permainan latihan soal, dalam fitur lain juga terdapat slide presentasi untuk membantu pengajar dalam menerangkan materi. Tujuan dalam penelitian kali ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDS Santo Lukas I dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian kali ini adalah Eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data kali ini adalah observasi dan tes Dari hasil nilai rata-rata nilai pos tes di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol dengan nilai sebesar 7,7 untuk kelas eksperimen dan 6,9 untuk kelas kontrol. Dan uji t dengan Independent Sample T- Test, yang menunjukan hasil t hitung lebih besar dari pada t tabel, 2008 > 2004, maka ha diterima dan ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDS Santo Lukas I. Terdapat saran juga, bagi guru dan sekolah untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan lebih kreatif serta melakukan peningkatan dan penempatan fasilitas. |