Saat pandemi Covid-19, terdapat masalah pendidikan, salah satunya siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru karena penyajian materi yang monoton dan terpaku pada buku. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru perlu merancang pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa untuk memahami materi dengan baik, salah satunya melalui penerapan model problem based learning. Model problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran inovatif yang menggunakan suatu permasalahan nyata sebagai dasar pembelajaran. Dengan model PBL, siswa belajar memecahkan masalah yang ada di dunia nyata dengan mencari dan membangun sendiri pengetahuan mengenai masalah tersebut. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Nurul Huda Jati Pulo berjumlah 9 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Nurul Huda Jati Pulo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan skala penilaian secara deskriptif dan tabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Nurul Huda Jati Pulo yang terdiri dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada ranah kognitif, hasil tes yang dilakukan oleh siswa kelas IV SDI Nurul Huda seluruhnya mampu mencapai nilai KKM, dengan nilai rata-rata 90. Kemudian pada ranah afektif hampir seluruh siswa mampu mencapai nilai KKM, dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,4. Dan pada ranah psikomotorik seluruh siswa mampu memperoleh nilai di atas KKM, dengan nilai rata-rata sebesar 89,1. Saran untuk guru supaya memanfaatkan berbagai sumber dan menimbang kemampuan siswa dalam merumuskan suatu permasalahan dalam penerapan model PBL. |