Hasil belajar merupakan keberhasilan yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang kemudian ditandai dengan nilai yang berbentuk huruf atau kata atau simbol. Hasil belajar dapat dikembangkan melalui pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Metode Mind mapping merupakan teknik mencatat secara kreatif guna mendapatkan dan mengumpulkan informasi tentang ide-ide yang diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IVC dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode mind mapping di SDS Santo Markus I. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah data berupa kata-kata yang di desain secara komprehensif dalam fenomena sosial yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di SDS Santo Markus I, menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode mind mapping mampu menjadikan siswa aktif, kreatif dan fokus saat belajar. Dengan begitu hasil belajarnya akan berpengaruh. Metode mind mapping disajikan secara menarik dan kreatif menggunakan warna-warna dan gambar-gambar maupun simbol, sehingga siswa kelas IVC semakin antusias membuat catatan singkat, khususnya pada mata pelajaran IPA. |