Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERTANGGUNGJAWABAN ARSKY BABY SHOP TERHADAP PELANGGARAN HAK KONSUMEN MELALUI FACEBOOK MARKETPLACE
Bibliografi
Author:
Vega, Steviny
;
Shofie, Yusuf
(Advisor)
Topik:
Perlindungan Konsumen
;
Pelanggaran Hak Konsumen
;
Marketplace
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Steviny Vega_Undergraduated Theses_2022.pdf
(2.73MB;
10 download
)
201805000184_Steviny Vega_Lembar Administrasi.pdf
(698.47KB;
2 download
)
Abstract
Teknologi dan internet sudah sangat menyatu dengan kehidupan manusia sehari-hari karena penggunaan teknologi dewasa ini sangat mudah dan dapat digunakan oleh semua kalangan dari anak muda sampai orang tua. Sejak adanya pandemi Covid-19 dan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat Indonesia banyak menggunakan Marketplace untuk membeli kebutuhan sehari-hari dengan tidak saling bertemu atau berkontak langsung antara Pelaku Usaha dengan Konsumen. Tidak hanya itu tetapi Marketplace dapat digunakan juga untuk lapak berjualan para Pelaku Usaha selama pandemi Covid-19. Dengan menggunakan Marketplace sebagai salah satu kebutuhan masyarakat maka akan timbul yang dinamakan transaksi elektronik yang menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen menggunakan internet. Dalam Legal Memorandum Penulis membahas mengenai kasus pelanggaran hak yang telah dilakukan oleh ARSKY BABY SHOP yang menjual kebutuhan bayi dan balita terhadap Ibu Diana selaku Konsumennya. Dalam metode penelitiannya Penulis melakukan pencarian sumber hukum serta memberikan pendapat hukum yang berkaitan dengan kasus pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh ARSKY BABY SHOP. Pertanyaan yuridis dalam Legal Memorandum (1) Apa pelanggaran yang telah dilakukan oleh ARSKY BABY SHOP? (2) Apakah Facebook Marketplace ikut bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Ibu Diana? (3) Apa solusi hukum yang dapat dilakukan untuk Ibu Diana selaku Konsumen? Penulis menyimpulakan bahwa Kasus tersebut menunjukan bahwa ARSKY BABY SHOP tidak menjalankan kewajibannya sebagai Pelaku Usaha yang mana telah diatur dalam Pasal 7 Undang- Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen mengenai kewajiban Pelaku Usaha dan telah melakukan penyebara berita bohong atas toko ARSKY BABY SHOP yang fiktif. Maka, Ibu Diana selaku Konsumen berhak mendapatkan perlindungan hukum untuk menggugat ARSKY BABY SHOP atas dasar penyebaran berita bohong sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (1) UU RI No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik jo. Pasal 45A UU RI No. 19 Tahun 2016 Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dimana ARSKY BABY SHOP dapat dikenakan pidana penjara atau pidana denda. Penulis memberi saran untuk Ibu Diana selaku Konsumen dengan melaporkan perkara ini kepada Kementerian Perdagangan atau melaporkan kepada pihak berwenang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)