Anda belum login :: 27 Nov 2024 09:18 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN STUDENT ENGAGEMENT DAN PERSONAL DEVELOPMENT COMPETITIVENESS PADA MAHASISWA SARJANA (S1) DI JABODETABEK
Bibliografi
Author:
Liudy, Jeslin
;
Shanti, Theresia Indira
(Advisor)
Topik:
student engagement
;
personal development competitiveness
;
behavioral engagement
;
emotional engagement
;
cognitive engagement.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000002_Jeslin Liudy_LembarAdministrasi.pdf
(907.27KB;
1 download
)
201907000002, Jeslin Liudy, Theresia Indira Shanti, Hubungan Student Engagement dan Personal Development Competitiveness pada Mahasiswa Sarjana (S1) di JABODETABEK, 27 Jan 2023.pdf
(946.35KB;
3 download
)
Abstract
Student engagement memegang peranan penting pada pelajar karena memberikan berbagai manfaat dan membantu pelajar untuk sukses secara akademik. Beberapa indikator perilaku dari dimensi student engagement (behavioral, emotional, dan cognitive) memiliki kemiripan atau kaitan dengan sikap personal development competitiveness. Berdasarkan hal tersebut, maka ada kemungkinan bahwa student engagement memiliki korelasi positif dengan personal development competitiveness. Akan tetapi, hingga kini belum terdapat penelitian yang meneliti hubungan kedua konstruk tersebut. Maka, penelitian ini meneliti hubungan student engagement dan personal development competitiveness pada mahasiswa sarjana (S1) di JABODETABEK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi eksplanatori. Pada penelitian ini, telah dilakukan adaptasi alat ukur ke Bahasa Indonesia untuk University Student Engagement Inventory (USEI) dan Personal Development Competitiveness Attitude (PDCA). Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana yang sedang menjalani perkuliahan luring penuh (full offline). Sampel diperoleh dengan teknik convenience sampling, terdapat 125 mahasiswa yang menjadi partisipan pada penelitian ini. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa student engagement memiliki korelasi positif signifikan dengan personal development competitiveness. Ketiga dimensi student engagement juga berkorelasi positif signifikan dengan personal development competitiveness. Dimensi yang memiliki hubungan paling kuat dengan personal development competitiveness adalah cognitive engagement, sedangkan yang terlemah adalah emotional engagement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi personal development competitiveness, maka student engagement juga turut meningkat, begitu pula sebaliknya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)