Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN PROSES RESILIENSI PADA PILOT WANITA DI INDONESIA PASCA KECELAKAAN DAN GROUNDED
Bibliografi
Author:
Rahayu, Ranti Rosi
;
Wibawa, Dhevy Setya
(Advisor)
Topik:
resiliensi
;
pilot
;
wanita
;
kecelakaan
;
penerbangan
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000176_Ranti Rosi Rahayu_Lembar Administrasi.pdf
(679.54KB;
3 download
)
201807000176, Ranti Rosi Rahayu, Dr. Dhevy Setya Wibawa, M.Si, Gambaran Proses Resiliensi Pada Pilot Wanita Di Indonesia Pasca Kecelakaan Dan Grounded, 27Januari2023.pdf
(856.18KB;
7 download
)
Abstract
Profesi pilot masih dinilai didominasi oleh kaum laki-laki. Hal ini membuat pilot wanita menghadapi tantangan yang tidak mudah, antara lain perlakuan diskriminatif, stigma negatif, hingga dipertanyakan kemampuannya sebagai pilot di lingkungan kerja. Situasi dan kondisi semakin kompleks bagi pilot wanita yang selamat dari suatu kecelakaan penerbangan. Sebagai transportasi yang dinilai memiliki tingkat keamanan yang tinggi, adakalanya musibah kecelakaan penerbangan tidak dapat dihindari. Bagi pilot wanita yang selamat dari kecelakaan penerbangan perlu menghadapi banyak investigasi, untuk menemukan alasan kecelakaan tersebut. Selain itu, bagi pilot yang selamat, perisitiwa kecelakaan dapat meninggalkan dampak psikologis. Disisi lain, pilot yang selamat dan dinyatakan tidak bersalah perlu mempersiapkan diri untuk kembali bertugas. Untuk itu penelitian ini ingin melihat gambaran proses resiliensi pada pilot wanita pasca kecelakaan dan grounded.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposeful sampling. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara tidak terstruktur secara daring. Karakteristik partisipan yaitu pilot wanita penyintas kecelakaan penerbangan saat mengendarai pesawat. Dan telah mengalami resilien, yang saat ini sudah dapat kembali bertugas dan bersedia terlibat pada penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses resiliensi pada pilot wanita bisa beragam. Perbedaan tersebut antara lain dikarenakan oleh konteks, situasi, status, lokasi, serta lingkungan ketika kecelakaan terjadi. Adanya perbedaan tersebut membuat proses resiliensi yang dilalui partisipan bisa berbeda antar partisipan. Motivasi dan spiritual yang ditemukan pada karakteristik internal menjadi kontribusi utama pada kedua partisipan penelitian untuk dapat bangkit kembali setelah mengalami kecelakaan. Meski begitu, stressor yang ada justru dianggap sebagai tantangan yang perlu diselesaikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)