Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Persepsi Emerging Adulthood terhadap Autonomy Support Parenting dalam Konteks Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19
Bibliografi
Author:
Patricia, Elasa
;
Pristinella, Debri
(Advisor)
Topik:
autonomy support parenting
;
emerging adulthood
;
pembelajaran pasca pandemi Covid-19
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907510052_Elasa Patricia_LembarAdministrasi.pdf
(1,000.87KB;
0 download
)
201907510052, ELASA PATRICIA, DEBRI PRISTINELLA, GAMBARAN PERSEPSI EMERGING ADULTHOOD TERHADAP AUTONOMY SUPPORT PARENTING DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID 19, 27 JANUARI 2023.pdf
(920.32KB;
2 download
)
Abstract
Autonomy support parenting mampu menciptakan kemandirian, inisiatif, dan kemampuan membuat keputusan pada anak. Penting bagi orang tua untuk memberikan autonomy support, terutama bagi anak mereka yang berada dalam tahapan emerging adulthood. Emerging adulthood biasanya merasakan kebingungan dan ketidakpastian, khususnya saat menempuh pendidikan di universitas. Pembelajaran pasca pandemi yang berbeda dari kondisi sebelumnya juga membuat orang tua berperan penting dalam memberikan autonomy support. Namun, autonomy support dapat dipersepsikan berbeda oleh anak. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran persepsi emerging adulthood terhadap autonomy support parenting dalam konteks pembelajaran pasca pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat persepsi emerging adulthood terhadap autonomy support parenting dalam konteks pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Desain penelitian yang digunakan adalah descriptive phenomenology, sehingga dapat menggambarkan pengalaman individu dalam memaknai suatu fenomena. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa emerging adulthood berusia 18-25 tahun yang sedang melaksanakan pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil wawancara dianalisis menggunakan teknik thematic analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan mempersepsikan autonomy support parenting secara berbeda, bergantung pada cara orang tua memberikannya. Partisipan merasa providing a rationale, providing choices, dan acknowledge feelings dapat membantu mereka menjalani perkuliahan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini juga menemukan bahwa autonomy support parenting dapat bervariasi antar orang tua karena faktor budaya yang memengaruhinya. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan melihat persepsi emerging adulthood mengenai autonomy support parenting dari sebelum, selama, dan juga saat pasca pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan pemberian autonomy support tidak dapat dilepaskan dari kondisi sebelumnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)