Anda belum login :: 24 Nov 2024 08:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERBEDAAN PERSEPSI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ATLET ESPORTS DAN GAMERS DEWASA AWAL
Bibliografi
Author:
Ahmaddin, Shahabi Hilman
;
Setiadi, Bernadette N.
(Advisor)
Topik:
problem solving
;
atlet esports
;
gamers
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Shahabi Hilman_Undergraduate Theses_2023.pdf
(468.37KB;
4 download
)
201807000251_Shahabi Hilman Ahmaddin_LembarAdministrasi.pdf
(521.6KB;
2 download
)
Abstract
Para peneliti menemukan bahwa bermain video game dapat dikaitkan dengan peningkatan kemampuan problem solving. Penelitian ini membandingkan persepsi atlet esports yaitu pemain yang berada di bawah naungan tim atau organisasi, dan gamers yaitu pemain biasa yang tidak pernah bermain di bawah naungan tim atau organisasi tentang kemampuan problem solving mereka.
Sampel penelitian ini terdiri dari 51 atlet esports dan 49 gamers dari usia dewasa awal dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena dengan teknik ini peneliti dapat memilih partisipan yang paling mungkin menghasilkan informasi yang sesuai. Penelitian ini menggunakan alat ukur Problem Solving oleh Barkman S & Machtmes K. Analisis perbedaan dilakukan dengan membandingkan kelompok atlet esports dan gamers dengan menggunakan Independent Sample T-Test..
Hasil perbandingan mean kedua subjek menunjukkan bahwa secara umum gamers memiliki rata-rata persepsi kemampuan problem solving lebih tinggi daripada rata-rata persepsi kemampuan problem solving atlet esports. Namun secara spesifik kelebihan ini hanya dalam 3 aspek sedangkan dalam 3 aapek yang lain tidak ada perbedaan antara persepsi gamers dan atlet esports. Dari hasil diskusi disarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada penelitian yang akan datang seperti lama waktu latihan dan alat ukur yang lebih spesifik untuk problem solving pada games.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)