Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:02 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA SELF PRESENTATION DI MEDIA SOSIAL DAN IMPULSIVEBUYING BEHAVIOR PADA REMAJA DI JABODETABEK
Bibliografi
Author: Herabadi, Astrid Gisela (Advisor); Jonathan, Jonathan
Topik: self presentation; impulsive buying behavior; remaja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Self presentation merupakan faktor yang dimiliki oleh remaja yang sedang mengalami peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Apabila remaja memiliki self presentation yang tinggi, maka ia akan lebih menunjukkan dan mempresentasikan dirinya dibandingkan remaja dengan self presentation rendah. Salah satu cara menampilkan Self presentation dengan bantuan media sosial. Media sosial dapat memberikan dampak kepada remaja untuk melakukan perilaku pembelian yang tidak didasari atas perencanaan yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara self presentation dan impulsive buying behavior.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain korelasional. Partisipan penelitian ini adalah 122 remaja pada rentang usia 18-21 tahun, menggunakan media sosial Instagram ataupun Tiktok dengan jumlah teman minimal 10 orang, dan berdomisili di Jabodetabek. Peneliti menjangkau partisipan penelitian dengan metode non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Peneliti menggunakan alat ukur Presentation of Online Self Scale (POSS) dan Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS) yang dikemas dalam sebuah kuisioner online.
Peneliti melakukan uji korelasi terhadap kedua variabel. Hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self presentation dan impulsive buying behavior pada remaja. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi yang memudahkan seseorang untuk melihat atau berbelanja secara online.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.4375 second(s)