Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:28 WIB
Detail
BukuPengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Mengenai Talasemia Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unika Atma Jaya Angkatan Tahun 2021 dan 2022)
Bibliografi
Author: Putra, Pradipta Auwrel ; Sahiratmadja, Edhyana Kusumastuti (Advisor)
Topik: Kata kunci: dewasa muda; pengetahuan; talasemia; video edukasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang: Talasemia adalah kelainan darah genetik yang diturunkan secara autosomal resesif dari perkawinan antar pembawa sifat talasemia. Berdasarkan data dari Kemenkes, kurang lebih terdapat 7% populasi global pembawa sifat Talasemia namun hal ini kurang di sadari oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan. Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya edukasi dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat, khususnya pada generasi muda usia reproduktif. Salah satu intervensi adalah video edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan mahasiswa baru Unika Atma Jaya mengenai talasemia.
Metode: Desain penelitian menggunakan quantitative pre-experiment. Penelitian ini mengambil data secara kuantitatif memakai one group pre-test post-test design berupa kuesioner pengetahuan mengenai talasemia dan intervensi video edukasi dengan responden 400 mahasiswa tahun angkatan 2021 dan 2022 dari semua fakultas Unika Atma Jaya yang diambil secara consecutive and snowball sampling. Video edukasi yang digunakan memiliki durasi 4 menit 43 detik.
Hasil: Didapatkan responden perempuan berjumlah 272 mahasiswi dan responden laki-laki sebanyak 128 mahasiswa yang didaptkan dari 8 fakultas. Terdapat peningkatan pengetahuan mahasiswa mengenai talasemia yang bermakna secara statistic setelah menonton video edukasi (P 0.000, sehingga hipotesis alfa dapat diterima. Sedangkan, secara deskriptif, video edukasi terbukti efektif dikarenakan terjadi peningkatan persentase jawaban benar pada setiap nomor pertanyaan pengetahuan mengenai talasemia.
Kesimpulan: Video edukasi terbukti efektif dalam meningkatan pengetahuan mahasiswa Unika Atma Jaya angkatan tahun 2021 dan 2022 mengenai talasemia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)