Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:27 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi dalam Berlatih Keterampilan Klinis secara Student Centered Learning selama Pandemi COVID-19
Bibliografi
Author:
Tandao, Marsha
;
Tanumihardja, Tommy Nugroho
(Advisor);
Juliawati, Veronica Dwi Jani
(Examiner)
Topik:
Efikasi diri
;
motivasi
;
keterampilan klinis
;
student centered learning
;
L-SES
;
SIMS.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Marsha Tandao_RegKTI_2022.pdf
(789.67KB;
4 download
)
Marsha Tandao_LembarAdministrasi.pdf
(1.98MB;
1 download
)
Abstract
Latar Belakang: Keterampilan klinis merupakan kemampuan esensial bagi kualitas lulusan dokter. Selama pandemi COVID-19 semua pelajar terdesak untuk belajar dengan metode student centered learning. Efikasi diri dan motivasi merupakan dua dari banyak faktor yang memengaruhi proses berlatih. Penelitian seperti ini belum banyak diteliti di Indonesia oleh karena itu, penting untuk mengetahui lebih hubungan efikasi diri dengan motivasi dalam berlatih keterampilan klinis secara student centered learning di Indonesia dalam situasi pandemi COVID-19.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan efikasi diri dengan motivasi dalam berlatih keterampilan klinis secara student centered learning selama pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional pada mahasiswa kedokteran klinik FKIK UNIKA Atma Jaya angkatan 2019-2021. Pengukuran variabel menggunakan data demografi, kuesioner L-SES dan SIMS, serta pertanyaan terbuka. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson’s.
Hasil: Diperoleh 118 responden dengan rentang usia 21-25 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa efikasi diri dengan motivasi dalam berlatih keterampilan klinis secara student centered learning selama pandemi COVID-19, memiliki hubungan yang bermakna secara signifikan (?? = 0,000; r = 0,573).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara efikasi diri dengan motivasi dalam berlatih keterampilan klinis secara student centered learning selama pandemi COVID-19.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)