Anda belum login :: 27 Nov 2024 20:21 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penelitian Hibah Bersaing Kemenristek Dikti Tahun 2017 (Tahun ke-2): Iklan Bertema Konservasi Lingkungan Alam Antropomorfik: Pengaruhnya pada Sikap terhadap Merek, dan Keinginan untuk Memberikan Donasi
Bibliografi
Author:
Laksmidewi, Theresia Dwinita
;
Soelasih, Yasintha
Topik:
Antropomorfisme alam
;
iklan
;
sikap terhadap merek
;
JABFUNG-FEB-TDL-2023
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Research Report
Fulltext:
2 Penelitian Hibah Bersaing Kemenristek DIKTI tahun 2017 - Dwinita Laksmidewi.pdf
(5.31MB;
0 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bahwa iklan bertema konservasi lingkungan
alam yang diilustrasikan secara antropomorfik (menggunakan ciri, sifat dan perilaku mirip
manusia sebagai unsur iklan) akan berpengaruh terhadap kesadaran lingkungan alam
(environmental awareness), dan pada akhirnya memberikan pengaruh yang positif pada sikap
konsumen terhadap merek (brand attitude). Rasional penelitian ini yaitu bahwa penyampaian
pesan iklan secara antropomorfik memudahkan konsumen memahami isi pesan dan
berpengaruh positif terhadap intensi membeli (Dwinita, 2015); dan masalah lingkungan alam
yang disampaikan secara antropomorfik, dapat meningkatkan perasaan terhubung dengan
alam, yang kemudian berpengaruh terhadap perilaku konservasi (Tam, Lee dan Chao, 2013).
Lebih lanjut, penelitian ini akan menguji bahwa sikap terhadap merek yang terbentuk dari
iklan konservasi alam antropomorfik ini akan meningkatkan keinginan konsumen untuk
memberikan donasi (willingness to donate) pada aktivitas yang bertujuan konservasi alam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yang akan dilakukan di
Jakarta.
Penelitian ini dibagi menjadi 2 (dua) tahapan dalam 2 (dua) tahun penelitian yaitu:
tahap pertama adalah pembuatan dan pengujian iklan antropomorfik bertema konservasi
lingkungan alam, dengan penyampaian verbal dan visual pada benda alam (studi 1) dan
produk hijau (studi 2). Hasil penelitian tahun I menunjukkan bahwa iklan konservasi
lingkungan alam yang diilustrasikan secara antropomorfik berpengaruh positif pada sikap
konsumen terhadap merek (brand attitude). Sikap terhadap merek yang terbentuk dari iklan
konservasi alam antropomorfik ini meningkatkan keinginan konsumen untuk memberikan
sumbangan (willingness to donate) pada aktivitas yang bertujuan konservasi alam (Studi 1),
dan meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan tindakan konservasi alam (Studi 2).
Luaran penelitian tahap pertama ini telah tercapai berupa artikel ilmiah di seminar
internasional, artikel di jurnal nasiona terakreditasi dan draft artikel di jurnal internasional
index Scopus.
Tahun kedua yaitu pembuatan dan pengujian iklan konservasi lingkungan alam
antropomorfik dengan memasukkan unsur “perilaku manusia” merawat dan melindungi
(studi 4) pada iklan. Efektifitas iklan tahap II ini akan dilihat pengaruhnya terhadap keinginan
konsumen untuk memberikan donasi melalui pembelian produk. Rasional penelitian tahap II
didasarkan bahwa konsumen akan berperilaku mengikuti perilaku merek (Aggarwal &
McGill, 2012). Luaran tahun kedua adalah artikel seminar internasional, dan artikel jurnal
internasional terindex Scopus.
Hasil Studi 3 memperlihatkan bahwa iklan hijau (bertema konservasi lingkungan
alam) yang mengandung unsur perilaku manusia (merawat atau melindungi) dapat
mempengaruhi perilaku konsumen untuk menjaga kelestarian bumi. Hasil menunjukkan
bahwa melihat iklan ini membuat konsumen mendukung program green-cause related
marketing, dan kemudian konsumen berkeinginan untuk berperilaku hijau. Namun demikian,
iklan ini tidak membuat konsumen bersikap positif terhadap merek. Peneliti menduga hal ini
disebabkan karena pada studi ini menggunakan merek fiktif. Hasil Studi 3 akan dikonfirmasi
dengan melakukan studi 4, menggunakan brand riil, dengan scenario green CRM yang
berbeda.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)