Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:24 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Celebrity Worship Sebagai Prediktor Impulsive Buying ARMY (Penggemar BTS) Berusia Dewasa Awal (20-30 Tahun) di JABODETABEK
Bibliografi
Author:
Dewi, Birgitta Listyamurti
;
Herabadi, Astrid Gisela
(Advisor)
Topik:
Celebrity Worship
;
Impulsive Buying
;
ARMY
;
BTS
;
Dewasa Awal
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000143_Birgitta Listyamurti Dewi_Dr. Astrid Gisela Herabadi, Psikolog_Celebrity Worship Sebagai Prediktor Impulsive Buying Army Berusia Dewasa Awal di JABODETABEK_24 November 2022.pdf
(1.14MB;
31 download
)
Abstract
Menjadi seorang penggemar merupakan hal yang dapat membuat kita merasa senang, sedih, takut, aman, termotivasi, dan tertantang. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang penggemar untuk diri sendiri maupun untuk idolanya. Salah satu cara penggemar untuk mendukung idolanya yaitu dengan membeli barang-barang atau merchandise yang berkaitan dengan sang idola. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk seseorang melakukan pembelian secara mendadak tanpa terencana dengan jumlah yang tidak sedikit atau biasa disebut dengan Impulsive Buying. Ketika penggemar sudah merasa memiliki keterikatan khusus dengan idolanya maka adanya pemujaan berlebihan atau Celebrity Worship pun terjadi. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencari tau mengenai pengaruh dari adanya Celebrity Worship terhadap Impulsive Buying penggemar BTS yaitu ARMY berusia dewasa awal di JABODETABEK.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan analisa regresi linear sederhana. Partisipan diambil menggunakan Teknik convenience sampling dengan 310 partisipan yang sudah disesuaikan. Peneliti mengambil data menggunakan kuesioner yang berisikan alat ukur Celebrity Worship Scale dan Impulsive Buying Scale. Kuesioner peneliti sebarkan kepada ARMY di JABODETABEK melalui fanbase di platform Instagram.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa Celebrity Worship memiliki hubungan yang signifikan dengan Impulsive Buying. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Celebrity Worship dapat memprediksi adanya Impulsive Buying. Namun, korelasi tersebut bersifat negatif. Hal ini dapat diartikan bahwa setiap kenaikan variabel Celebrity Worship maka terdapat penurunan kepada variabel Impulsive Buying. Hal ini didukung oleh penelitian Henrietta (2012) yang mengatakan bahwa individu berusia dewasa awal memiliki kecenderungan pembelian impulsif yang rendah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.28125 second(s)