Dalam kasus Samsung Smartphone dan selebriti Dian Sastrowardoyo, studi ini mencoba untuk mengklarifikasi dampak endorser selebriti terhadap intensi pembelian konsumen Indonesia melalui mediasi persepsi pelanggan tentang kualitas dan sikap pelanggan terhadap merek. Banyak kegiatan dilakukan secara daring akibat pandemi, sehingga intensitas penggunaan ponsel juga meningkat. Samsung memanfaatkan tren ini dengan menggunakan celebrity’s endorsement dalam berbagai iklannya di media sosial, terutama YouTube. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak semua elemen celebrity’s endorsement berdampak pada intensi membeli. Begitu juga, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek hanya memediasi beberapa elemen saja. Studi dengan mix method ini mendapatkan data survei sebanyak 252 orang yang tinggal atau bekerja di Jakarta, dianalisis secara statistik menggunakan SEM-PLS dan dilanjutkan dengan proses wawancara. Studi ini menunjukkan bahwa, selain berfokus pada kualitas endorser selebriti, perusahaan smartphone khususnya perlu mengantisipasi konsep iklan itu sendiri dan menyediakan beberapa alternatif tipe endorser yang potensial selain selebriti. Keterbatasan dalam penelitian diuraikan untuk juga dipertimbangkan penelitian di masa depan. |