Anda belum login :: 24 Nov 2024 15:41 WIB
Detail
BukuPengaruh Transaksi Afiliasi Terhadap Nilai Perusahaan: Bukti Dari Indonesia
Bibliografi
Author: Abigail, Anita ; Dharmastuti, Christiana Fara (Advisor)
Topik: Transaksi Afiliasi; Nilai Perusahaan; Good Corporate Governance; Teori Agensi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext:
Abstract
Pada tahun 2019, terdapat maskapai nasional Indonesia yang mengalami kesulitan keuangan yang diakibatkan oleh manajemen yang buruk. Dari sudut pandang teori keagenan, aktifitas transaksi afiliasi dapat digunakan oleh agen untuk mengurangi nilai perusahaan dan mengamankan kepentingan pribadinya. Tapi perusahaan di Indonesia tetap mempraktekkan transaksi afiliasi karena dianggap menambah nilai perusahaan. Prinsip Good Corporate Governance (GCG) menjadi solusi pengawasan untuk mencegah penyalahgunaan tersebut. Penelitian ini hendak menganalisis pengaruh Transaksi Afiliasi terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG sebagai variable moderasinya diwakili oleh kepemilikan mayoritas dan ukuran komite audit. Studi dilakukan pada 58 perusahaan terbuka yang tercatat di Indeks Saham LQ45 dalam periode 2016 – 2020. Data dianalisis menggunakan moderated multiple regression model. Hasil penelitian ini tidak menemukan hasil yang signifikan terhadap pengaruh dari Transaksi Afiliasi terhadap Nilai Perusahaan. Pemegang saham pemerintah memperkuat pengaruh mengurangi nilai perusahaan dari Transaksi Afiliasi. Sementara, pemegang saham asing memperlemah efek tersebut. Komite audit tidak memiliki peran moderasi terhadap pengaruh Transaksi Afiliasi ke Nilai Perusahaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)