Product Placement merupakan sebuah strategi untuk mengembangkan peningkatan brand dengan menampilkan brand tersebut serta menganggap bahwa keberadaan produk tersebut seakan-akan menjadi bagian dari cerita film dan acara televisi (Belch and Belch, 2004 : 450). Dari perspektif teknologi, media diminta untuk menyesuaikan perkembangan zaman yang ada, supaya produk yang dihasilkan dapat memuaskan konsumen atau audiens (Esti dan Hartanti, 2015). Hal ini dijalankan dalam pembuatan film Milly and Mamet dengan memanfaatkan media baru Product Placement guna meningkatkan Brand Awareness Mitsubishi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product Placement terhadap tingkat Brand Awareness Mitsubishi dalam film Milly and Mamet. Dengan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan cara menyebarkan kuesioner dalam pengumpulan data melaui Google Form. Beberapa teori yang digunakan ialah Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasara Terpadu, Product Placement, Film, dan Brand Awareness. Variabel Bebas yang digunakan ialah Product Placement dengan dua dimensi karakteristik yaitu Visual atau Screen Placement dan Plot Connection atau Congruent. Lalu, dalam variabel terikat yang digunakan ialah Brand Awareness dengan dua dimensi karakteristik yaitu Brand Recognition dan Brand Recall. Dalam penelitian ini, membuktikan bahwa terdapat pengaruh Product Placement dalam film Milly and Mamet terhadap Brand Awareness Mitsubishi. |