Dalam rangka sosialisasi penyediaan jalan khusus sepeda, pemerintah DKI Jakarta membuat kampanye “Jakarta Ramah Bersepeda”. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas implementasi kampanye tersebut berdasarkan citra pemerintah DKI Jakarta di mata masyarakat. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Ideological or Cause - Oriented Campaigns, Strategi Kampanye Publik Proaktif, Evaluasi Kampanye,dan Jenis- jenis citra. Pendekatan kualitatif ditetapkan sebagai metode penelitian dengan perolehan data melalui wawancara dan observasi, serta penelusuran data sekunder. Kualitas data ditetapkan dengan wawancara secara langsung dan berdasarkan data yang ditemukan secara online kepada beberapa narasumber terkait yaitu dari Bike2Work, Kementerian Perhubungan, dan warga yang tinggal di Jakarta. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kampanye “Jakarta Ramah Bersepeda” ini dinilai positif oleh banyakorang khususnya warga DKI Jakarta karena mengurangi polusi serta telah tersedianya akses khusus bagi pesepeda di Jakarta. Tetapi, disarankan pemerintah untuk terus menjagafasilitas tersebut terutama di jam yang sibuk agar pengendara sepeda motor tidak membahayakan para pesepeda yang ada di jalur tersebut. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan wawancara secara langsung kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta agar dapat mendapatkan hasil yang lebih baik. |