Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:06 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN PRODUK DAN LAYANAN INOVATIFLAWLESS BURGERBAR DENGAN METODE TEXT MINING,ANALISIS SENTIMEN, BRAINSTORMING DAN SCAMPER
Bibliografi
Author: Fitriandika, Maria Nanda ; Sukwadi, Ronald (Advisor)
Topik: Text Mining; Analisis Sentimen; Support Vector Machine (SVM); Brainstorming; SCAMPER
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma jaya     Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Di era pandemi Covid-19 memberikan dampak penurunan yang cukup
signifikan bagi dunia bisnis. Seiring berjalannya waktu dunia bisnis dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi ini. Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu bisnis yang tetap tangguh dalam menghadapi pandemi ini, salah satunya yaitu Lawless Burgerbar. Saran atau pendapat dari konsumen sangat penting bagi berkembangnya suatu bisnis. Biasanya review tersebut dituangkan pada website online seperti Zomato, PergiKuliner, dan Google Review. Hal tersebut yang mendorong dilakukannya penelitian mengenai produk dan layanan Lawless Burgerbar. Digunakan data review pada tanggal 1 Januari 2020 - 31 April 2022 dengan jumlah review sebanyak 3.377 review. Data tersebut akan dilakukan preprocessing dengan text mining, kemudian pada analisis sentimen akan dilakukan pelabelan dan pembobotan serta pengklasifikasian dalam kelas sentimen positif dan negatif menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Hasil sentimen tersebut dianalisis dengan asosiasi kata untuk menemukan informasi penting dalam mengambil keputusan. Berdasarkan rasio perbandingan data training 80% dan data testing 20% didapatkan akurasi sebesar 91,72%. Kemudian dari kata-kata yang terdapat pada visualisasi barplot sentimen positif dan negatif akan digunakan sebagai topik pembahasan dalam melakukan proses brainstorming. Hasil dari brainstorming tersebut kemudian dimasukan kedalam metode SCAMPER untuk menciptakan atau mengevaluasi produk, proses, atau layanan Lawless Burgerbar. Berdasarkan metode SCAMPER pihak Lawless perlu melakukan substitute, combine, adapt, modify, put another use, dan reserve dalam mengembangkan produk dan layanannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.265625 second(s)