Film “Seaspiracy” merupakan film dokumenter yang mengungkap fakta pada industri perikanan di laut yang menceritakan bahwa ekosistem laut saat ini terancam karena industri perikanan yang tidak melakukan penangkapan berkelanjutan dan juga kelestarian ekosistem laut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemaknaan pesan pada film “Seaspiracy” mengenai perubahan perilaku penonton. Teori utama dalam penelitian ini adalah Komunikasi Massa, Media Massa, Film, Perilaku, dan Resepsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis resepsi oleh Stuart Hall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) terhadap 6 narasumber berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga orang menempati posisi negotiated dimana informan menganggap film “Seaspiracy” hampir mengubah perilaku konsumsi hidangan laut, sedangkan tiga lainnya menempati posisi oppositional dimana informan menganggap bahwa film “Seaspiracy” sama sekali tidak mengubah perilaku konsumsi hidangan laut informan. |