Anda belum login :: 17 Feb 2025 14:17 WIB
Detail
BukuPERAN PLAYFULNNESS TERHADAP SELF EFFICACY CALON PRAKTISI PLAY THERAPY PADA CIPTA ALIANSI EDUKASI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author: Soerjani, Lyne ; Purwanti, Margaretha (Advisor); Aisyah, Aireen Rhammy Kinara (Advisor)
Topik: playfulness; self-efficacy; play therapist Cipta Aliansi Edukasi Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Play therapy adalah bentuk konseling yang mengedepankan peran penting dari bermain, karena keterbatasan anak dalam menggunakan kata-kata. Penelitian ini bertujuan melihat peran personality trait playfulness (PF) sebagai komponen yang lebih stabil dan permanen dalam memprediksi self-efficacy calon praktisi play therapy (SE CPPT), dan komponen yang dapat berubah karena keadaan (misalnya: pandemi COVID-19). Penelitian ini juga bertujuan mendapatkan gambaran terkait faktor-faktor yang dapat memengaruhi SE CPPT. Hal ini perlu dilakukan karena SE CPPT memengaruhi performa CPPT dalam membantu menangani masalah anak-anak sejak dini, sebelum berkembang menjadi masalah psikologis yang bertahan hingga dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, prediction design, dengan teknik sampling convenience. Jumlah partisipan adalah 48 (67,6%) orang dari target populasi yang adalah seluruh peserta yang mengalami blended learning, pada program Certified Practitioner in Therapeutic Play Skills di Cipta Aliansi Edukasi Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan dua alat ukur. Alat ukur SE CPPT disusun oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian Purswell et al. (2021) terkait kualitas seorang terapis. Alat ukur PF diadaptasi dari alat ukur OLIW yang disusun oleh Proyer (2017). Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan analisis regresi sederhana. Skor rata-rata SE CPPT dan PF cenderung tinggi karena berada di atas nilai tengah. Analisis regresi menunjukkan bahwa PF dapat memprediski SE CPPT sebesar 32,8%. Dengan demikian, masih ada 67,2% faktor lain yang perlu digali dalam penelitian selanjutnya, di samping melakukan wawancara guna menggali lebih dalam faktor-faktor yang dapat memengaruhi SE CPPT. Penelitian eksperimen dapat pula dilakukan dalam upaya meningkatkan PF untuk melihat peran PF terhadap SE praktisi play therapy sebelum dan sesudah eksperimen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)