Anda belum login :: 27 Nov 2024 10:44 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengembangan Produk Minuman Mangga dengan Metode Kano Model, Quality Function Development (QFD), dan DEMATEL
Bibliografi
Author:
Filemon, Ludwig Marie
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Kano
;
Dematel
;
Quality Funcion Development
;
Pengembangan Produk
;
Prioritas
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ludwig Marie Filemon_Undergraduated Theses_2022.pdf
(5.57MB;
45 download
)
201804530007_Ludwig Marie Filemon_LembarAdministrasi.pdf
(324.59KB;
6 download
)
Abstract
Pengembangan produk penting dilakukan bagi perusahaan yang masih berkembang terutama pada perusahaan yang sedang beradaptasi dengan perubahan pasar. Diperlukan survei pasar dan respon yang baik dari perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan keinginan pasar dan bagaimana perusahaan dapat merespon keinginan tersebut. Metode Kano digunakan untuk menilai keinginan dari masyarakat dengan memberikan pertanyaan yang bertentangan untuk melihat perasaan konsumen terhadap suatu atribut. Atribut kemudian dijawab oleh perusahaan dengan aspek-aspek yang menggambarkan produk, dimana aspek memiliki keterkaitan antar satu dengan yang lain yang ditentukan menggunakan metode Dematel. Pada penentuan aspek yang dikembangkan, digunakan metode Quality Funcion Development (QFD) dalam menentukan prioritas pengembangan. Dari hasil QFD, didapatkan hasil bahwa prioritas utama perusahaan adalah memasukkan tanggal expired produk yang akurat. Selanjutnya adalah menggunakan gula alami dengan perbandingan yang lebih banyak dibanding gula buatan serta menggunakan kemasan ramah lingkungan. Prioritas selanjutnya adalah memasukkan label BPOM yang berkaitan dengan tingkat kemanisan yang sekarang ini masih terlalu tinggi dan informasi nilai gizi yang harus sesuai standar. Meski begitu, terdapat juga aspek seperti gambar buah pada kemasan, label Halal, dan perlengkapan konsumsi yang sudah tersedia sehingga dapat dikesampingkan terlebih dahulu. Prioritas selanjutnya adalah kemasan yang atraktif dengan memberikan lebih banyak gambar atau informasi pada kemasan. Lalu ada juga tekstur, rasa, dan aroma produk yang dipengaruhi oleh CMC, Creamer, dan bubuk ekstrak mangga.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.375 second(s)