Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU YANG MEMILIKI INDIKASI KECEMASAN SOSIAL AKIBAT PEMBATASAN SOSIAL PADA TRANSISI METODE PEMBELAJARAN DALAM PERKULIAHAN
Bibliografi
Author:
Abigail, Gabriela
;
Arjadi, Retha
(Advisor)
Topik:
Penyesuaian diri
;
Kecemasan sosial
;
Mahasiswa baru
;
Perkuliahan
;
Pembatasan sosial
;
Pembelajaran online
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000026_Gabriela Abigail_LembarAdministrasi.pdf
(487.99KB;
5 download
)
201807000026, Gabriela Abigail, Dr. Retha Arjadi, M.Psi., Psikolog, Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Memiliki Indikasi Kecemasan Sosial akibat Pembatasan Sosial, 29 Juli 2022.pdf
(793.54KB;
27 download
)
Abstract
Pembatasan sosial yang diberlakukan semasa pandemi sudah mulai dilonggarkan, sehingga metode pembelajaran berubah dari yang semula online menjadi tatap muka kembali. Namun, minimnya interaksi sosial akibat pembatasan sosial dapat beresiko menyebabkan timbulnya kecemasan sosial, yang dapat dialami oleh mahasiswa baru yang sedang melakukan penyesuaian diri terhadap transisi metode pembelajaran di perkuliahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penyesuaian diri pada perubahan metode pembelajaran dalam perkuliahan yang dialami mahasiswa baru dengan indikasi kecemasan sosial akibat pembatasan sosial. Hal ini penting untuk diteliti karena penyesuaian diri yang dilakukan mahasiswa baru dapat menentukan bagaimana ia menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam perkuliahan, terutama ketika menghadapi transisi pembelajaran dari online menjadi tatap muka.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur pada tiga partisipan dengan kriteria merupakan mahasiswa baru angkatan 2020 atau 2021 dan memiliki skor Liebowitz Social Anxiety Scale (LSAS) di atas 30 poin berdasarkan hasil screening yang dilakukan sebelum pengambilan data. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dan untuk menguji kredibilitas penelitian, peneliti melakukan member checking terhadap hasil analisis data yang didapatkan dari partisipan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga partisipan telah melakukan penyesuaian diri dalam menghadapi perubahan metode pembelajaran di perkuliahannya. Faktor-faktor penyesuaian diri baik dari dalam diri partisipan maupun dari lingkungan sekitarnya, serta faktor-faktor kecemasan sosial berperan besar dalam penyesuaian diri mahasiswa baru tersebut. Berdasarkan pengakuan dari salah satu partisipan, perbedaan usia antara dirinya dengan teman-temannya juga berperan dalam penyesuaian dirinya. Perlu diperhatikan bahwa masing-masing partisipan berasal dari fakultas dan angkatan yang berbeda, sehingga kedua faktor tersebut memiliki kemungkinan dapat berperan juga dalam bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan perubahan metode pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)