Tugas akhir ini berisi pengujian eksperimental ban sepeda motor yang diuji coba pada alat uji rolling resistance di Universitas Jember. Alat penguji ban ini adalah alat berbentuk silinder dengan permukaan halus yang disambung ke motor listrik melalui v-belt yang akan memutar silinder dimana pada bagian atas silinder tersebut dipasangkan roda dengan ukuran 14 inch. Roda diberikan gaya radial sebagai pengganti beban pengendara sepeda motor oleh silinder pneumatik. Setelah pengujian dilakukan didapatkan data bahwa pada ban depan rolling resistance tertinggi yang didapat dari ban M dengan alur tapak ban LUG dan gaya rolling resistance sebesar 25,4016 N dan rolling resistance terendah pada ban I dengan alur tapak ban campuran RIB-LUG dengan nilai 10,0860 N. Serta jarak pemberhentian atau stopping distance yang terpendek dicapai oleh ban M dengan alur LUG sepanjang 3,9395 meter. Nilai ini lebih pendek dibandingkan jarak terjauh yang diperoleh yaitu 5,6295 meter dari ban I dengan alur campuran RIB-LUG. |