Anda belum login :: 24 Nov 2024 05:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Rumah Makan Sinar Berlian)
Bibliografi
Author:
Desmond, Christopher
;
Natalia, Christine
(Advisor)
Topik:
Sistem informasi
;
android
;
metode scrum.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Christopher Desmond_Undergraduated Theses_2022.pdf
(4.54MB;
2 download
)
201804530051_Christopher Desmond_LembarAdministrasi.pdf
(992.06KB;
0 download
)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat semakin banyak masyarakat yang menggunakan sistem informasi aplikasi pada smartphone mereka. Hal tersebut dikarenakan kelebihan sistem informasi yang dapat membuat segala aktivitas sehari-hari lebih mudah dan cepat. Kelebihan dari sistem informasi tersebut juga dapat digunakan untuk bisnis UMKM rumah makan. Rumah Makan Sinar Berlian adalah UMKM yang bergerak dalam bidang makanan dan menjual berbagai macam makanan khas Kalimantan. Tetapi, proses bisnis yang dimiliki oleh Rumah Makan Sinar Berlian masih bersifat manual yaitu dengan pencatatan hasil penjualan di dalam buku dan perhitungan laporan penjualan yang menggunakan kalkulator dan buku. Proses bisnis manual tersebut menimbulkan beberapa masalah, yaitu penjual yang terkadang lupa mencatat pesanan pembeli dan terjadinya kesalahan perhitungan laporan penjualan. Maka dari itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang sistem informasi berupa aplikasi android Rumah Makan Sinar Berlian untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada UMKM tersebut. Dalam pembuatan aplikasi rumah makan, digunakan metode Scrum yang memiliki pengembangan yang fleksibel dan perencanaan yang mudah dipahami. Aplikasi android dibuat menggunakan android studio dengan bahasa pemrograman Kotlin dan MySQL sebagai database. Pengujian sistem informasi menggunakan metode blackbox testing dan usability testing yang menggunakan 2 tes yaitu tes learnability dan satisfaction. Hasil dari pengujian aplikasi menunjukkan bahwa sistem informasi aplikasi Rumah Makan Sinar Berlian layak dan dapat digunakan oleh Rumah Makan Sinar Berlian dengan nilai skor system usability scale sebesar 81,25 untuk penjual. Untuk pengembangan aplikasi kedepannya, maka dapat dilakukan penambahan fitur penyimpanan data pesanan online, notifikasi dan menu user.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)