Makanan merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia untuk bertahan hidup. Hal ini memungkinkan bisnis kuliner untuk bisnis yang tidak ada matinya, peluangnya besar karena selalu dicari orang. Makanan seperti yang kita ketahui, masih bisa kita eksplor dan kreasikan lagi untuk mendapatkan menu baru yang unik dan lezat. Melalui EATALOCAL penulis menciptakan kreasi makanan baru yaitu pasta saus fusion cita rasa Indonesia. Kreasi ini diharapkan dapat menciptakan ketertarikan pasar yang baru lagi dalam bisnis kuliner. EATALOCAL adalah usaha rumahan yang bergerak dalam bidang kuliner. Berfokus pada masakan pasta dengan saus fusion, EATALOCAL menggunakan saus dengan cita rasa khas Indonesia. EATALOCAL melakukan penjualan secara online dengan sistem pre-order dan produk EATALOCAL menggunakan kemasan eco-friendly yang aman untuk lingkungan. Dalam merancang bisnis EATALOCAL, penulis melakukan analisis potensi pasar menggunakan analisis SWOT, riset pasar, dan analisis Porter 5 Forces, serta menggunakan strategi bauran pemasaran menggunakan 7P, dan melakukan analisis biaya. Dari keseluruhan analisis yang dilakukan dalam rencana bisnis ini, ditemukan bahwa bisnis EATALOCAL layak untuk dijalankan. |