Pada Minggu, 19 September 2021 pukul 17.33 WIB terjadi gangguan pada layanan internet Indihome maupun Telkomsel yang terjadi di wilayah JaSuKa (Jawa, Sumatra, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak menyebabkan pelanggan tidak dapat menikmati layanan dari Telkom Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan aktivitas manajemen krisis PT Telkom Indonesia dalam mempertahankan citra terkait kasus gangguan layanan internet Indihome karena putusnya kabel bawah laut JaSuKa pada September 2021. Teori dasar yang dijadikan tumpuan yaitu Public Relations, Manajemen Krisis, dan Citra. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif melalui perolehan data primer menggunakan wawancara terstruktur dan data sekunder menggunakan pemberitaan melalui media online. Peneliti melakukan wawancara dengan lima pelanggan Indihome yang mengalami kejadian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program manajemen krisis dari Public Relations Telkom Indonesia masih hanya sekedar formalitas dan reaktif saja sehingga masih belum cukup untuk mempertahankan citra perusahaan. Menurut narasumber Public Relations Telkom Indonesia harus lebih antisipatif dan melakukan upaya yang lebih baik lagi dalam mencegah dan menangani krisis. |