Kemajuan teknologi komunikasi, media dan informatika membawa kepada segala kemudahan yang mendorong munculnya e-commerce untuk menangkap peluang yang ada dalam menyediakan toko online. Namun dengan segala ketidakpastian dan potensi kejahatan yang marak terjadi sering kali mengurungkan niat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada e-commerce tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko menggunakan internasional e-commerce terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Provinsi DKI Jakarta yang pernah menggunakan e-commerce Shopee dengan sampel sebanyak 113 responden, dan menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling untuk teknik pengumpulan sampelnya. Analisis penelitian dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif, uji normalitas, analisis linear berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana setiap indikator menunjukan respon positif terhadap pembelian produk dan kepuasaan konsumen dalam bertransaksi tanpa khawatir menggunakan e-commerce Shopee. |