Sebagai UMKM yang baru dirintis, Dapoer Flav perlu menjalankan komunikasi pemasaran guna meningkatkan brand awareness dan mengembangkan bisnisnya. Adapun salah satu cara bagi Dapoer Flav untuk menjalankan komunikasi pemasarannya adalah dengan memanfaatkan Instagram. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pihak pengelola Dapoer Flav melakukan strategi komunikasi pemasaran pada media sosial Instagram sebagai upaya meningkatkan brand awareness pada benak konsumennya. Dua teori utama yang mendasari penelitian ini adalah teori promotion mix dan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan data yang didapatkan dari wawancara serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa dimensi dari promotion mix telah diterapkan seperti dimensi advertising, sales promotion, dan digital marketing. Namun terdapat kelemahan pada penerapan ketiga dimensi tersebut yang merujuk pada sulitnya melakukan pembayaran Instagram Ads serta kurangnya sumber daya manusia untuk menjalankan kegiatan promosi di Instagram. Di sisi lain, jika dilihat dari sudut pandang kelima dimensi social media marketing yaitu online communities, interaction, sharing of content, accessibility, dan credibility, kegiatan di akun Instagram Dapoer Flav sudah memenuhi kelima dimensi tersebut dengan cukup baik berkat kontribusi yang diberikan oleh pengikut atau followers akun Instagramnya. |