Fungsi media sosial instagram saat ini tidak hanya menjalin komunikasi multiarah antara sesama pengguna, tetapi memampukan pengguna untuk mengangkat isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat dan mengkoordinasikan sebuah gerakan dengan memproduksi, membagikan, mengamplifikasikan pesan di media sosial dan membangun citra perusahaan. Pemanfaataan media sosial Instagram untuk membangun citra perusahaan dilakukan oleh salah satu UMKM yang sudah dikenal masyarakat, yaitu Baso Aci Akang. Baso Aci Akang menggunakan Instagram sebagai platform promosi untuk menarik pelanggan terhadap mereknya melalui akun resmi Instagram bernama @basoaciakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram @basoaciakang terhadap citra perusahaan Baso Aci Akang. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Public Relations, New Media, Media Sosial, dan Citra Perusahaan. Pada penelitian ini, variabel independen adalah penggunaan media sosial Instagram yang dilihat melalui context, communication, collaboration dan connections. Sedangkan variabel dependen yaitu citra perusahaan yang dilihat melalui kepribadian, reputasi, nilai dan identitas perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner online kepada 96 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram berpengaruh terhadap citra perusahaan secara efektif sebesar 59,5%. |