Perkembangan zaman yang sangat dinamis memberikan banyak perubahan dalam bagaimana individu melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari – hari, termasuk dalam melakukan transaksi dalam berbagai platform online yang berbasis sharing economy. Salah satu bentuk sharing economy di Indonesia adalah platform transportasi online yang mengalami pertumbuhan dengan cepat serta memberikan manfaat bagi para pengguna dan juga berkontribusi terhadap perekonomian negara. Platform dalam sharing economy tentunya harus bisa mendapatkan kepercayaan para pengguna agar bisa bermanfaat secara berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan para pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemetaan studi terkait dengan faktor kepercayaan dalam sharing economy, setelah itu dilakukan penelitian terhadap responden yaitu 65 mahasiswa aktif program studi teknik industri Universitas Katolik Atmajaya terkait dengan variabel – variabel kepercayaan yaitu ability, benevolence, dan juga integrity dari penyedia jasa transportasi online terhadap partisipasi para pengguna. Data diolah menggunakan regresi linier berganda, dan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ability secara parsial berpengaruh terhadap partisipasi pengguna namun tidak signifikan, variabel benevolence berpengaruh signifikan secara parsial terhadap partisipasi, variabel integrity berpengaruh terhadap partisipasi pengguna namun tidak signifikan, dan juga untuk variabel ability, benevolence, dan integrity berpengaruh secara simultan terhadap partisipasi pengguna platform transportasi online. |