Anda belum login :: 23 Nov 2024 19:43 WIB
Detail
BukuPENGARUH SELF-DISCLOSURE TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL COMMUNICATION MAHASISWA DI JABODETABEK ANGKATAN 2020 DAN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author: Poere, Janice Emmanuela Tabita de ; Herabadi, Astrid Gisela (Advisor)
Topik: Self-disclosure; Interpersonal Communication; Revised Self-Disclosure Scale; Skala Komunikasi Interpersonal
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pada masa pandemi, berbagai kebijakan pembatasan dibuat untuk mengurangi kegiatan berkerumun, termasuk juga kegiatan pembelajaran. Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran berubah menjadi pembelajaran daring. Dalam kondisi ini, cara komunikasi antar individu menjadi berubah. Hal ini dirasakan oleh berbagai kalangan individu, terutama bagi mahasiswa baru yang memulai perkuliahannya secara daring. Tidak mudah membangun hubungan interpersonal yang diawali secara online. Permasalahan yang seringkali terjadi dalam menjalin hubungan secara online salah satunya adalah komunikasi. Untuk membangun hubungan antar individu dibutuhkan adanya self-disclosure dimana salah satu faktor dalam komunikasi interpersonal juga adalah keterbukaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh selfdisclosure terhadap kemampuan interpersonal communication mahasiswa di Jabodetabek angkatan 2020 dan 2021 di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode non-eksperimental dan menggunakan desain penelitian korelasional. Partisipan dalam penelitian ini adalah 145 mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 dari universitas yang berada di wilayah Jabodetabek dan awal perkuliahannya dimulai secara daring. Peneliti mendapatkan partisipan dengan metode non-probability sampling dengan teknik convenince sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur Revised Self-Disclosure Scale dan Skala Komunikasi Interpersonal untuk selanjutnya dilakukan uji regresi. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan bahwa self-disclosure memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan interpersonal communication. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik self-disclosure mahasiswa, maka kemampuan interpersonal communication mahasiswa akan semakin baik. Untuk meningkatkan self-disclosure, universitas diharapkan dapat membuat program seperti pelatihan yang dapat mengembangkan self-disclosure mahasiswa. Para pendidik juga diharapkan dapat menjalankan program kuliah yang inovatif dengan komunikasi interaktif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam berkomunikasi selama perkuliahan daring.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.359375 second(s)