Dukungan sosial adalah pemberian bantuan atau dukungan kepada siswa baik berupa perhatian, motivasi, meteri berupa fasilitas belajar, serta informasi-informasi yang dibutuhkan sehingga siswa dapat merasa dicintai dan dihargai. Dengan adanya dukungan sosial yang diberikan oleh orang terdekat, siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran daring dapat terjadi jika individu merasa adanya dukungan sosial yang diterima saat dirinya merasa kesulitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial siswa kelas IX SMP Bunda Hati Kudus Grogol selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian. Penelitian ini menggunakan ujicoba terpakai. Analisis data diolah menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase. Analisis uji validitas pernyataan skala penilaian didapati bahwa 55 pernyataan dinyatakan valid. Hasil dari uji realiabilitas dengan menggunakan teknik alpha diperoleh koefisien sebesar 0,948. Hasil penelitian didapati bahwa sebanyak 91 siswa (72%) kelas IX SMP Bunda Hati Kudus Grogol memiliki tingkat dukungan sosial yang tinggi dari orangtua, guru maupun teman-temannya. Hasil perhitungan total skor pada distribusi skor setiap komponen dukungan sosial didapati bahwa komponen dukungan instrumental merupakan peringkat pertama dengan skor rata-rata 411. Sedangkan komponen dengan peringkat terendah yaitu komponen dukungan informatif dengan skor rata-rata 390. Saran dari peneliti perlu adanya peningkatan dukungan yang diberikan oleh orangtua maupun guru sebagai pendamping siswa kelas IX SMP Bunda Hati Kudus Grogol khususnya dalam memberikan dukungan secara informatif. Dukungan yang diberikan dapat berupa nasehat, pengarahan, dan saran-saran selama melakukan sekolah dengan pembelajaran jarak jauh dan daring. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan dengan mengaitkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi tingkat dukungan sosial siswa dan pengaruhnya bagi para siswa dalam proses pembelajaran. |