Product placement merupakan salah satu metode dalam memasarkan produk yang banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya pada drama Korea. Penggunaan product placement ini diharapkan dapat meningkatkan brand recall dan purchase decision masyarakat terhadap sebuah produk atau merek dengan adanya dimensi audio, visual, dan koneksi plot yang dimiliki product placement itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product placement dalam drama Korea terhadap brand recall dan purchase decision permen Kopiko di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui kuesioner dan diuji menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS. Hasil uji penelitian menemukan bahwa product placement memliki hubungan yang positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap brand recall seseorang akan produk atau merek. Penelitian ini juga membuktikan bahwa product placement memilki hubungan yang positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap purchase decision seseorang. Peneliti memberikan saran kepada perusahaan untuk tetap menggunakan product placement dalam memasarkan produknya karena terbukti efektif, dan kepada pemasar lainnya untuk dapat mempertimbangkan penggunaan product placement sebagai metode pemasaran produknya tidak hanya pada drama Korea, namun juga melalui film atau drama lainnya. |