Teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, sehingga komputer, dan alat elektronik lainnya merupakan suatu saran penting dalam kehidupan manusia. Dalam sebuah aplikasi, khususnya aplikasi games pasti ada suatu kendala dan dalam setiap kekurangan tersebut games harus mendapatkan perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini yaitu metode Cognitive Walkthrough (CW) dan metode Heuristic Evaluation (HE). Permasalahan yang ada pada kelompok Pro-Player tidak terlalu banyak, karena mereka telah bermain Mobile Legends lebih lama dibandingkan dengan newbie. Problem type yang muncul adalah text (T), yaitu responden Pro- Player kurang memahami text dan penempatan konten yang disalahartikan. Selain itu, untuk 1 (satu) responden Pro-Player mendapatkan problem type user (U), karena responden tersebut merasakan pengalaman tidak adil untuk matchmaking. Responden newbie memiliki banyak sekali masalah, karena mereka belum pernah memainkan Mobile Legends sama sekali. Faktor kepribadian dari responden newbie juga mempengaruhi hasil dari analisis. Faktor terbanyak yang didapatkan yaitu user (U), dan ada satu responden yang sudah pernah memainkan MOBA sebelumnya sehingga responden tersebut secara keseluruhan sedikit lebih mengerti. |