Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai suku dan budaya yang beraneka ragam. Keberagaman suku dan budaya inilah yang wajib dijaga keutuhanya. Salah satu untuk menjaga keutuhan dari keberagaman yang ada di Indonesia dapat diperoleh dengan membaca dari buku fisik maupun digital. Penerapan membaca dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku cerita bergambar digital pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi keberagaman suku bangsa dan budaya untuk kelas V SD dengan judul Indonesiaku Negara Maritim. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah ADDIE. Buku cerita ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa buku cerita bergambar digital dilaksanakan berdasarkan 5 tahapan pada pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara, penyebaran angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Buku yang peneliti kembangkan berjudul “Indonesiaku Negara Maritim” dengan menguraikan kegiatan masyarakat di pantai Malo Sulawesi Utara untuk upaya pembanguan budaya dan masyarakat di Muara Angke Jakarta dan Cirebon. Melalui pengembangan buku cerita bergambar digital, peneliti memberikan saran kepada guru agar buku cerita bergambar dengan judul “Indonesiaku Negara Maritim” dapat digunakan untuk menjadi alternatif penunjang gerakan literasi sekolah yaitu kegiatan 15 menit membaca sebelum belajar dan dapat digunakan saat pembelajaran dilakukan secara daring. |