Literasi merupakan kemampuan dalam kegiatan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara untuk mencari tahu pengetahuan peserta didik, baik dalam lisan maupun tulisan. jenis penelitian ini Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, bersifat penelitian tindakan. Penelitian kualitatif adalah kegiatan penelitian dengan mengamati suatu keadaan, mendiskripsikan tentang suatu keadaan, mendeskripsikan suatu fenomena, bersifat alami sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dan mengamati karakteristik suatu keadaan. Tujuan penelitian ini adalah adalah mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan literasi membaca melalui flipchart sebagai media pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan dengan menggunakan tahapan model Stringer. Berdasarkan hasil observasi Penggunaan media pembelajaran flipchart sudah sesuai dengan peserta didik kelas I SD, digunakan dalam upaya meningkatkan literasi membaca dalam menguatkan membaca permulaan. Penggunaan media ini efektif, peserta didik sangat menyukai isi dan gambar yang terdapat pada media flipchart. hasil penelitian ini adalah peserta didik sudah mampu membaca dengan baik setelah melakukan tindakan kepada peserta didik yang masih mengalami masalah membaca. |