Kegiatan di berbagai sektor sudah mulai beralih menjadi serba digital, otomatis, lebih mudah, cepat dan praktis. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi digital dalam menjalankan kegiatan operasional usahanya. Adanya digitalisasi juga memudahkan para investor untuk melakukan kegiatan investasi dalam suatu perusahaan. Nilai perusahaan dapat menentukan persepsi investor dalam mengambil keputusan. sehingga perusahaan harus mampu meningkatkan nilai perusahaannya dengan memanfaatkan intellectual capital dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh human capital, structural capital, customer capital dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini ada sebanyak 75 perusahaan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sebanyak 99 unit observasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif, regresi linier berganda dan sederhana melalui program IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa structural capital, customer capital dan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan human capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. |