Dari tahun 2015 hingga tahun 2018 hasil PISA yang diperoleh Indonesia masih tergolong rendah. Gerakan literasi sekolah masih terus digencar oleh pemerintah salah satunya literasi literasi sains. Namun, pada pelaksanaan masih terdapat sekolah yang kesulitan melaksanakan kegiatan literasi sains. Dari hasil wawancara kendala yang dialami yaitu kurangnya ketersediaan buku berbasis literasi sains sebagai bahan bacaan penunjang siswa di sekolah sehingga, kegiatan literasi sains ini belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan buku cerita berbasis literasi sains berjudul rahasia merawat organ pencernaanku untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan angket, lalu dianalisis dengan mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian produk buku cerita rahasia merawat organ pencernaanku sudah mampu digunakan untuk meningkatkan kegiatan literasi sains, dapat menarik minat anak untuk membaca, dan sudah dapat membantu anak dalam memahami cara menjaga kesehatan organ pencernaan. |