Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:38 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK LITERASI MEMBACA SISWA KELAS II SD
Bibliografi
Author: Yanti, Chatarina Siti Rosy ; Samino, M. Francine Avanti (Advisor)
Topik: Pengembangan; Buku Cerita Bergambar; Literasi Membaca
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pengembangan adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk baru dari rancangan yang telah dibuat. Dalam dunia pendidikan, salah satu produk yang dapat dihasilkan yaitu buku. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menghasilkan produk buku cerita bergambar untuk siswa kelas II SD. Buku cerita bergambar merupakan buku cerita yang terdiri dari narasi serta gambar-gambar yang saling berkaitan untuk menjabarkan suatu cerita. Buku cerita yang dikembangkan mengangkat cerita yang dekat dengan keseharian anak. Cerita yang dikembangkan megangkat tema mengenai hidup rukun baik di rumah dan di lingkungan sekitar rumah. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan berwarna sehingga dapat menambah daya tarik. Tujuan pengembangan buku cerita bergambar ini adalah untuk menambah referensi buku cerita bagi siswa kelas kecil serta mendukung kegiatan pemerintah yaitu literasi membaca. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan melakukan wawancara, angket, dan dokumentasi. Buku yang peneliti kembangkan berjudul “Indahnya Hidup Rukun” telah dilakukan uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahawa penelitian ini menghasilkan buku cerita bergambar untuk siswa kelas II SD, melalui 5 tahap ADDIE yang dimana megangkat nilai sosial hidup rukun. Menurut siswa buku cerita bergambar yang dihasilkan itu menarik, isi cerita mudah dipahami dan siswa tidak merasa kesulitan dalam membaca buku cerita tersebut. Peneliti juga menyarankan kepada guru untuk menggunakan buku tersebut dalam mengenalkan dan menjelaskan nilai sosial hidup rukun pada anak atau sebagai referensi bacaan saat melakukan literasi membaca. Selain itu juga menyarankan kepada sekolah untuk mengadakan pelatihan bagi para guru untuk mengembangkan buku cerita bergambar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)