Penguatan pendidikan karakter adalah pembelajaran yang memiliki pengaruh besar pada pembentukan moral siswa dan peningkatan standar pendidikan. Penguatan pendidikan karakter juga merupakan proses untuk mengembangkan diri setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi di kelas IV, (2) menganalisis faktor penghambat dan pendukung program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV, kepala sekolah, guru/wali kelas IV, serta orangtua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penguatan pendidikan karakter siswa kelas IV masih belum maksimal, begitu juga dengan literasi baca masih terdapat siswa yang tidak lancar untuk membaca. Penguatan pendidikan karakter dapat menjadi suatu proses yang dijalankan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri siswa. Kegiatan literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan memahami suatu informasi pada saat melakukan proses membaca. Adapun saran dari penelitian ini adalah guru memberikan masukan kepada orangtua siswa agar bisa mendidik dan memberikan penguatan pendidikan karakter kepada siswa di rumah supaya bisa berkarakter dengan baik dan melakukan kegiatan literasi baca baik itu di sekolah maupun di rumah. Hal tersebut dilakukan agar menumbuhkan semangat siswa dalam membaca dan berkarakter dengan baik. |