Anda belum login :: 23 Nov 2024 20:01 WIB
Detail
BukuPengembangan Modul Literasi Numerasi (E-modul) untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Nastiti, Melania Enggal ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Literasi Numerasi; Modul Matematika; Penjumlahan dan Pengurangan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kemendikbud sedang menggerakkan Gerakan Literasi Nasional yang sudah
dimulai pada tahun 2016 karena minat Warga Negara Indonesia dalam berliterasi sangatlah minim. Hasil PISA (2015) menunjukkan bahwa Indonesia memperoleh nilai rata-rata literasi numerasi sebanyak 386 poin dari 490 poin. Pada masa abad ke-21 identik dengan perkembangan revolusi industi 4.0 yang dimana semua kegiatan manusia pasti berhubungan dengan penggunaan teknologi. Melihat situasi pandemi pada saat ini yang disebabkan oleh Covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan segala pekerjaan dari rumah termasuk dalam bidang pendidikan sehingga membuat guru merasa kesulitan. Guru dituntut untuk berkreasi dalam menggunakan media pembelajaran. Jika
biasanya guru menggunakan buku fisik dalam memberi materi, sekarang guru bisa membuat buku berbasis teknologi agar bisa memberikan materi dari jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, yaitu modul literasi numerasi berupa e-modul untuk kelas 1 SD, khususnya materi penjumlahan dan pengurangan sampai dengan bilangan 99. Model pengembangan yang digunakan peneliti yaitu ADDIE.
Modul literasi numerasi sudah melalui tahap validasi ahli dan menunjukkan bahwa modul tersebut masuk ke dalam kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan hasil uji coba, siswa berpendapat bahwa modul literasi numerasi ini dapat membantu mereka dalam memahami penjumlahan dan pengurangan sampai dengan bilangan 99. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu modul literasi numerasi berbasis e-modul sudah berhasil guna
diterapkan untuk siswa kelas 1 SD. Peneliti memberi saran, khususnya kepada guru dan sekolah agar dapat meningkatkan kegiatan literasi numerasi dan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman lebih mendalam terkait literasi numerasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)