Pada tahun 2017, pemerintah membentuk gerakan PPK (Pendidikan Penguatan Karakter). Salah satu nilai dari gerakan PPK yakni nilai nasionalisme, namun sayangnya, saat ini siswa kurang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, selain itu pemahaman siswa akan budaya setempat juga sangat kurang. Salah satu cara agar rasa nasionalisme siswa meningkat yakni melalui kegiatan literasi budaya dan kewargaan. Adapun mata pelajaran yang cocok dikaitkan dengan kegiatan literasi budaya dan kewargaan yakni IPS. Dalam menerapkan pembelajaran IPS di kelas, guru dan siswa masih mengalami kendala, salah satunya yakni terbatasnya media pembelajaran di kelas yang berdampak pada kurangnya minat siswa dalam mempelajari IPS di kelas V. Salah satu media pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran adalah multimedia interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif menggunakan aplikasi ISpring Suite 10, dengan subjek penelitian ini yakni 73 orang dan dilaksanakan di 7 sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ASSURE (Analyze Learner, State Standar and Objective, Select Strategi Media and Materials, Uttilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Learner). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yakni penelitian yang peneliti lakukan telah melalui 7 tahapan ASSURE dan multimedia interaktif yang peneliti kembangkan sudah layak digunakan baik dalam pembelajaran di kelas maupun secara mandiri. Adapun saran peneliti mengenai penelitian ini yakni bagi guru yakni dapat mengembangkan multimedia interaktif, bagi sekolah dapat menyelenggarakan pelatihan multimedia interaktif, bagi jurusan PGSD dapat menambah materi akan multimedia interaktif, dan bagi peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian multimedia interaktif. |