Literasi baca dan tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks bacaan tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Dalam jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif bersifat tindakan, dengan tujuan agar kegiatan ini benar-benar dapat memberikan hasil yang baik. Penelitian tindakan yang dilakukan dengan menggunakan model Stringer, yang kegiatannya mengikuti langkah-langkah dengan tujuan memperoleh hasil yang baik. Teks bacaan yang dipilih oleh peneliti sesuai dengan tingkatan kelas dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pada siswa kelas II akan terlihat kemampuan literasi baca-tulis dengan menggunakan teks bacaan. Hasil dari penelitian ini sangatlah efektif, karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan literasi baca-tulis siswa dengan baik. Buku teks bacaan yang sesuai dengan tingkatan kelas dapat memudahkan siswa dalam memahami isi bacaan, buku teks bacaan yang sesuai dapat melatih anak meningkatkan literasi baca-tulis khususnya membaca pemahaman dan menulis yang baik. Siswa yang kurang dalam membaca pemahaman dan kurang dalam menulis, akan meningkat dengan bantuan teks bacaan yang sesuai dengan tingkatan kelas dan dengan bimbingan yang baik tentunya akan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan menulis yang baik. |