Gerakan literasi membaca merupakan suatu program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu siswa dalam menumbuhkan budaya membaca di lingkungan sekolah. Pada SDN Lubang Buaya 01 telah melaksanakan program Gerakan Literasi Membaca pada semua kelas untuk menumbuhkan minat baca siswanya. Pada sekolah ini terdapat pula sudut baca kelas, lingkungan yang kaya akan literasi, dan juga perpustakaan untuk memotivasi siswanya untuk membaca agar tidak terpaku pada buku pelajaran saja melainkan buku non pelajaran juga. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi gerakan literasi membaca dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II yang ada di SDN Lubang Buaya 01, (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan implementasi gerakan literasi membaca dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II SDN Lubang Buaya 01. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi membaca dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II yang ada di SDN LUBANG BUAYA 01, (2) Mengidentifikasi fasilitas serta sarana dan prasarana yang mendukung dan menghambat dalam implementasi GLM dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II SDN Lubang Buaya 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas II, kepala sekolah, dan guru kelas/wali kelas II SDN Lubang Buaya 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian pada implementasi gerakan literasi membaca di SDN Lubang Buaya 01 menunjukan bahwa (1) Implementasi gerakan literasi membaca di SDN Lubang Buaya 01 sudah mencapai pada level 3 yaitu tahap pembelajaran. (2) Pada fasilitas serta sarana dan prasarana pendukung dari implementasi gerakan literasi membaca ini adalah Seluruh warga sekolah berperan aktif dalam melakukan implementasi gerakan literasi, serta antusias siswa yang tinggi terhadap gerakan literasi membaca, dan terdapat pihak lain yang ikut membantu dalam program tersebut. Sedangkan, untuk fasilitas serta sarana dan prasarana penghambatnya adalah buku yang bersifat lama. |