Anda belum login :: 26 Nov 2024 15:09 WIB
Detail
BukuGAMBARAN TINGKAT CYBERBULLYING DALAM GIM DARING DENGAN GENRE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) DI KALANGAN KOMUNITAS GIM REMAJA
Bibliografi
Author: Pradian, Abraham Harel ; Utama, J. Seno Aditya (Advisor)
Topik: Cyberbullying; Gim Daring; Remaja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan gim daring akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang drastis di dunia bahkan di Indonesia. Pada tahun ini pengguna gim daring telah meningkat sebesar tujuh puluh lima persen selama masa pandemi covid-19. Dengan peningkatan jumlah pemain gim tidak kalah juga kejahatan-kejahatan yang muncul ke permukaan, salah satunya adalah tindakan agresi yang berbentuk cyberbullying dalam gim. Tindakan tersebut terdorong dengan adanya kehadiran anonimitas pada saat bermain. Para pemain yang bermain gim sebagian besar merupakan kaum remaja. Perlu diketahui bahwa masa remaja merupakan masa yang cukup sensitif dalam menentukan identitas diri. Dengan itu karena sebagian besar remaja bermain gim dapat diasumsikan bahwa mereka telah terpapar tindakan agresi yang ditunjukkan dalam gim berbentuk cyberbullying. Maka peneliti ingin mencari tahu gambaran tingkat cyberbullying yang sedang terjadi pada kaum remaja saat bermain gim daring yang berada di ruang lingkup komunitas gim.
Bentuk metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Berikutnya, populasi penelitian yang akan diteliti adalah lima komunitas gim remaja yang dapat diakses melalui media Discord dengan total populasi sebesar 276. Dengan jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 104. Pengambilan data akan dilakukan sebanyak dua kali, pertama akan dilakukan uji coba dan berikutnya penyebaran forms asli, yang telah diperbaiki. Pengumpulan data dilakukan melalui forms yang disebarkan kepada populasi dengan bentuk kuesioner, dalam kuesioner akan terdapat pernyataan untuk mengukur mengenai tingkat perilaku cyberbullying responden. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, penilit akan lanjut menghitung dengan melihat persebaran kategori variable, validitas, reliabilitas, dan data tambahan lainnya. Perhitungan akan dilakukan dengan bantuan program JASP untuk Windows.
Kesimpulan dari penelitian merumuskan bahwa gim daring dengan genre first person shooter memiliki pemain yang rata-rata laki-laki dan menunjukan bahwa mayoritas responden yaitu remaja memiliki tingkat cyberbullying rendah dalam diri remaja saat bermain gim daring. Selain itu, alat ukur yang digunakan untuk mengukur cyberbullying itu reliabel dan valid. Untuk itu peneliti menyarankan untuk menambahkan sampel serta memberikan kepada populasi yang memiliki tingkat bermain gim tinggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.265625 second(s)