Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:45 WIB
Detail
BukuHubungan Well-Being (PERMA) Dan College Adjustment Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Indonesia Selama Pandemi COVID-19
Bibliografi
Author: Angelica (201807000093) ; Ferdian, Flaviana Rinta (Advisor)
Topik: well-being; college adjustment; mahasiswa tahun pertama; Covid-19
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mahasiswa tahun pertama sedang dihadapkan dengan berbagai transisi dalam kehidupannya. Salah satunya adalah transisi dari Sekolah Menegah Atas (SMA) ke Perguruan Tinggi. Pandemi Covid-19 juga mengharuskan mahasiswa tahun pertama untuk menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran daring. Transisi ini diidentifikasi menjadi masa yang sulit bagi mahasiswa tahun pertama. Kesulitan kemudian menjadi stresor bagi mahasiswa tahun pertama yang kemudian menyebabkan penurunan pada well-being mahasiswa. Kesulitan yang dirasakan mahasiswa tahun pertama umumnya disebabkan karena perpisahan dengan teman SMA, kebutuhan untuk membentuk hubungan pertemanan baru, perbedaan metode belajar, peningkatan otonomi dalam kehidupan dan studi di perguruan tinggi, dan gaya hidup di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara well-being (PERMA) dan college adjustment mahasiswa tahun pertama di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 160 mahasiswa tahun pertama yang menjalankan perkuliahan secara daring. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode non-probability sampling yaitu convenience sampling. Data penelitian ini didapatkan melalui alat ukur Student Adjustment to College Questionnaire (SACQ) dan PERMA- Profiler. Data yang terkumpul kemudian di analsis menggunakan teknik korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara well-being dan college adjustment mahasiswa. Hasil tambahan dari penelitian ini juga menunjukan bahwa dimensi dari well-being (PERMA) dan college adjustment hampir seluruhnya berkorelasi dengan satu sama lain kecuali dimensi personalemotional dengan engagement, dimensi personal-emotional dengan meaning, dan dimensi personal-emotional dengan accomplishment.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.328125 second(s)