Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
SIMULASI CFD UNTUK PREDIKSI TRANSONIC DRAG DALAM TAHAP DESAIN KONSEPTUAL LIGHT MULTIROLE AIRCRAFT IFX 21 DENGAN SIEMENS STAR CCM+ 2022
Bibliografi
Author:
Widjaja, Gillmore Vico Fortunatus
;
Soewono, Arka Dwinanda
(Advisor);
Tobing, Sheila
(Advisor)
Topik:
ALUTSISTA TNI
;
Light Multirole Aircraft IFX-21
;
Transonic Drag
;
Whitcomb Area Rule
;
Rezim Transonik
;
Simulasi CFD
;
Siemens Star-CCM+ 2022
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gillmore Vico Fortunatus Widjaja_Undergraduated Theses_2022.pdf
(6.29MB;
5 download
)
201804510009_Gillmore Vico Fortunatus Widjaja_Lembar Administrasi.pdf
(267.54KB;
0 download
)
Abstract
Light Multirole Aircraft IFX-21 adalah konsep perancangan pesawat tempur dengan tujuan memperkaya ALUTSISTA TNI dengan teknologi buatan dalam negeri. Dalam penelitian ini, Light Multirole Aircraft IFX-21 berada dalam tahap desain konseptual di mana batasan utama dalam perancangan adalah mesin Rolls-Royce Turbomeca Adour 871 menjadi variabel independen dalam proses perancangan sehingga proses desain mengacu pada batasan ini serta kemampuan terbang yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah desain awal Light Multirole Aircraft IFX-21 dapat menembus rezim transonik dengan batasan mesin yang ada. Dalam penelitian ini, dilakukan studi komparasi serta perhitungan dasar untuk memperkirakan spesifikasi dan ukuran awal dari Light Multirole Aircraft IFX-21. Penelitian dimulai dengan melakukan analisis Whitcomb Area Rule dengan membagi model pesawat dalam 25 potongan pada jarak yang sama. Analisis Area Rule ini merupakan tahap pertama analisis dari desain awal yang menghasilkan model untuk disimulasikan dan memberikan informasi performa desain dalam rezim transonik. Simulasi dilakukan dengan metode Computational Fluid Dynamics dan perangkat lunak Siemens Star-CCM+ 2022. Keluaran akhir dari penelitian disajikan dalam bentuk kontur tekanan dan kecepatan serta grafik gaya hambat dan koefisien gaya hambat. Seluruh informasi dan data hasil penelitian sebagai prediksi transonic drag menjadi bekal dan pedoman dalam melanjutkan proses perancangan Light Multirole Aircraft IFX-21 dalam tahap desain konseptual sebelum memasuki tahap selanjutnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.375 second(s)