Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:56 WIB
Detail
BukuGambaran Parenting Self Efficacy dan Faktor Pendukungnya pada Ibu yang Memiliki Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder
Bibliografi
Author: Rumantir, Clarista Jasmine ; Warmiyati, M. Tri (Advisor)
Topik: Autism Spectrum Disorder; Faktor Pendukung; Ibu; Parenting Self-Efficacy
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Autism spectrum disorder (ASD) merupakan gangguan yang mempengaruhi kehidupan penyandang, dan memunculkan tantangan untuk keluarganya, terutama ibu sebagai yang care giver utama anak. Tantangan parenting ibu yang memiliki anak ASD antara lain tuntutan perawatan yang besar, kualitas hubungan antara anggota keluarga, kekhawatiran akan masa depan dan pendidikan, tenaga ekstra yang harus dikeluarkan, serta masalah keuangan. Respon ibu terhadap tantangan yang dihadapi dalam merawat anak ASD dapat dipengaruhi oleh parenting self efficacy (PSE). PSE dapat ditinjau dari kemampuan melakukan dimensi tugas-tugas parenting. PSE bersifat fluktuatif, berkaitan dengan pengasuhan anak penyandang ASD akan berlangsung seumur hidup, perlu ada faktor pendukung untuk menjaga kestabilan PSE ibu, sehingga dapat terus menyediakan lingkungan yang adaptif, menstimulasi, dan mendorong perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran parenting self efficacy dan faktor pendukungnya pada ibu yang memiliki anak penyandang autism spectrum disorder.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif fenomenologi. Penelitian melibatkan tiga partisipan merupakan ibu dari anak penyandang ASD yang sudah terdiagnosa oleh tenaga kesehatan professional, dan memiliki tingkat keparahan 1-2. Data penelitian didapatkan dengan wawancara daring dan diolah dengan analisis tematik.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah PSE ketiga partisipan yang positif tergambar dari kemampuan untuk melakukan tugas-tugas parenting, ditunjukkan dengan perkembangan anak yang positif. Faktor pendukung internal PSE yaitu kemandirian, spiritualitas, dan penerimaan. Faktor pendukung eksternal PSE yaitu dukungan sosial dan pemahaman orang- orang terdekat. Karakteristik anak yang mendukung PSE adalah perkembangan dan hambatan yang dialami anak. Temuan menarik yang didapatkan adalah perkembangan positif anak berada pada aspek motorik kasar dan interaksi sosial, serta hambatan yang sama adalah anak belum bisa berbicara. Penelitian selanjutnya dapat menelaah lebih lanjut faktor mana yang paling mendukung PSE.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)