Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mencegah penularan virus COVID-19 di Indonesia yang semakin meluas. Pemerintah terus memperbarui kebijakan sesuai dengan kondisi kasus COVID-19 di Indonesia, dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Akibat dari pelaksanaan kebijakan tersebut, terdapat beberapa peraturan mengenai penerapan protokol kesehatan yang perlu diterapkan dalam lingkungan kerja. Salah satunya adalah penerapan work from home pada beberapa pekerjaan, namun penerapan tersebut tak berlaku di industri perhotelan. Dari hasil penelitian sebelumnya, kinerja karyawan work from office lebih baik dibandingkan work from home. Kinerja karyawan juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kerja. Kondisi lingkungan kerja ini dapat dikaitkan dengan penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah terdapat hubungan antara kepuasan penerapan protokol kesehatan dengan kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 73 partisipan, yaitu karyawan Hotel GT di Balikpapan. Pengumpulan partisipan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah Skala penerapan protokol kesehatan (Skeprokes) dan Performance Appraisal Hotel GT. Pengujian hipotesis menggunakan Spearman’s Rho dengan hasilnya yang menunjukkan bahwa kepuasan penerapan protokol kesehatan dengan kinerja karyawan Hotel GT di Balikpapan memiliki hubungan yang positif atau searah. Artinya, semakin kepuasan penerapan protokol kesehatan meningkat, maka semakin meningkat kinerja karyawan Hotel GT di Balikpapan. Varians variabel kinerja dapat dijelaskan melalui kepuasan penerapan protokol kesehatan sebesar 0.198 atau 19.8%. Hasil ini dapat mendukung bahwa lingkungan kerja yang optimal di masa pandemi ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dapat meningkatkan kinerja karyawan Hotel GT di Balikpapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan data bagi pihak Hotel GT di Balikpapan, sehingga dapat terus mendukung kepuasan karyawannya terhadap penerapan protokol kesehatan di hotel agar dapat mempertahankan atau pun meningkatkan kinerja karyawan selama masa pandemi ini. Pihak hotel dapat mendukung hal tersebut melalui melanjutkan dan/atau meningkatkan lagi fasilitas-fasilitas penerapan protokol kesehatan baik bagi karyawan maupun pengunjung agar karyawan maupun pengunjung dapat merasa nyaman dan aman ketika berada di dalam hotel. |